Obat Cytotec

Obat Cytotec Asli – Sebagian orang awam masih sangat jarang mendengar tentang obat cytotec. Pada dasarnya cytotec sendiri seringkali digunakan untuk mengobati tukak lambung atau luka pada lambung. Selain itu cytotec juga dapat digunakan untuk mencegah tukak yang terjadi pada usus halus. Dengan cytotec ini, kadar asam dalam lambung akan turun sekaligus meningkatkan jumlah lendir dan bikarbonat dalam lambung. Sehingga usus dan lambung terlindungi dari asam.

Asal obat cytotec

Obat cytotec sendiri merupakan obat misoprostol yang lumayan di kenal di Amerika Serikat. Produksi obat inipun dilakukan oleh Pfizer Amerika Serikat. Seperti yang telah diuraikan di atas, penggunaan cytotec sendiri adalah untuk mengobati tukak lambung. Sehingga banyak orang memanfaatkan obat yang satu ini untuk mengatasi gangguan pada lambung atau usus halus. Tentunya penggunaannya sendiri harus berdasarkan rekomendasi dari dokter.

Sementara keberadaan cytotec di Indonesia sendiri pada awalnya tidaklah diproduksi oleh pabrik farmasi lokal. Dulunya cytotec yang beredar di Indonesia merupakan produksi pfizer Australia. Di Indonesia sendiri, obat ini juga seringkali dimanfaatkan untuk mengobati gangguan pada lambung atau usus halus. Namun belakangan Australia tidak lagi memproduksi obat ini karena indikasi berbahaya yang dihasilkan dari efek samping cytotec.

Meski Australian tidak lagi memproduksi cytotec, namun pabrik farmasi lokal Indonesia meniru dan membuat obat ini dengan bahan yang sama. Sehingga keberadaan cytotec di Indonesia sendiri pada dasarnya sama dengan yang diproduksi di Australia atau Amerika Serikat sendiri. Komposisi hingga kemasan yang digunakan juga hampir sama. Sehingga cytotec yang dijual bebas di apotek biasanya merupakan cytotec produksi pabrik farmasi lokal.

Efek samping cytotec

Meski seringkali digunakan sebagai obat untuk mengatasi tukak lambung, namun penggunaan cytotec sendiri memiliki efek samping yang cukup berbahaya. Efek samping inilah yang menjadikan penggunaan obat ini juga harus berada dalam pengawasan dokter. Diindikasi, penggunaan cytotec sangat berpengaruh pada rahim. Hingga perkembangannya, beberapa orang sengaja mengkonsumsi dosis cytotec tertentu untuk menggugurkan kandungan.

Selain memberikan pengaruh yang pada rahim, cytotec juga memiliki efek samping lain saat dikonsumsi. Meski efek samping ini jarang terjadi, namun beberapa orang yang mengkonsumsi cytotec masih mengalami efek samping berupa pusing dan sakit kepala. Rasa pusing dapat berlanjut menjadi mual, muntah, perut kembung hingga mengalami diare. Jika efek samping bertambah parah, segera hentikan konsumsi cytotec dan berkonsultasi dengan dokter.

Mengingat efek samping yang cytotec, penggunaan obat ini haruslah atas rekomendasi dokter. Selain itu ibu hamil juga tidak diperbolehkan untuk mengkonsumsi cytotec. Penggunaan cytotec untuk ibu hamil dikhawatirkan akan memberikan efek samping reaksi pada rahim. Sehingga janin yang dikandung bisa mengalami keguguran atau mengalami kelainan. Pastikan berkonsultasi dengan dokter sebelum beli cytotec dan menggunakannya untuk mengatasi tukak lambung Anda.

Penggunaan cytotec untuk tukak lambung

Penggunaan cytotec sebagai obat tukak lambung tidak hanya diperuntukkan bagi orang dewasa. Masalah tukak lambung pada anak juga dapat diobati dengan cytotec. Tentunya penggunaan cytotec baik untuk anak atau orang dewasa sendiri harus tetap dalam pengawasan dokter. Selain dalam pengawasan dokter, penggunaan cytotec sendiri juga harus dengan dosis yang tepat sehingga obat bekerja dengan baik untuk mengobati tukak lambung dan usus halus.

Dosis cytotec yang diajurkan untuk mengobati tukak lambung pada umumnya adalah 800 mcg setiap harinya. Konsumsi cytotec harus dibagi menjadi 2-4 dosis setiap harinya. Sementara dosis cytotec yang dianjurkan untuk mencegah tukak pada lambung adalah 200 mcg, dengan dosis yang dibagi menjadi 2-4 kali dalam sehari. Dengan dosisi yang tepat, pengobatan dan pencegahan tukak lambung dapat bekerja lebih efektif.

Selain dosis yang tepat, cytotec juga harus dikonsumsi sesuai dengan aturan penggunaan yang telah direkomendasikan dokter. Untuk mencegah efek samping, pastikan hanya mengkonsumsi cytotec dengan jarak waktu tertentu antara dosis satu dengan dosis berikutnya yang harus Anda konsumsi. Sebaiknya cytotec dikonsumsi pada hari berikutnya dengan jam yang sama seperti hari sebelumnya untuk memastikan hasil kerja cytotec lebih optimal.

Penggunaan cytotec untuk menggugurkan kandungan

Selain digunakan untuk mengobati tukak lambung, cytotec misoprostol pfizer juga seringkali dimanfaatkan untuk menggagalkan atau menggugurkan kehamilan. Hal ini karena efek samping dari cytotec adalah menimbulkan reaksi pada rahim. Sehingga bagi ibu hamil, penggunaan obat ini sangatlah dilarang. Namun obat ini seringkali digunakan sebagai obat untuk menggugurkan kandungan yang berada dalam pengawasan dokter ahli.

Cara kerja cytotec untuk menggugurkan kandungan dilakukan dengan memanfaatkan cara kerjanya yang mampu menginduksi rahim. Sehingga isi rahim dapat dikeluarkan sebelum waktunya. Biasanya penggunaan obat ini sendiri tidak disarankan untuk usia kehamilan lebih dari 12 minggu. Bagi ibu hamil yang usia kandungan mencapai 12 minggu, penggunaan cytotec berisiko lebih tinggi untuk terjadinya komplikasi seperti pendarahan hebat yang berkepanjangan.

Apotek tidak bisa sembarangan menjual cytoec, terutama bila mengingat cara kerja cytotec yang cukup keras pada rahim. Selain penggunaan cytotec harus dibawah pengawasan dokter, penjualannya juga harus berdasarkan rekomendasi atau resep dari dokter. Sehingga jika digunakan untuk menggugurkan kandungan yang berusia kurang dari 12 minggu, risiko komplikasi lebih kecil. Dan peluang suksesnya pengguguran kandungan lebih besar.

Pemakaian cytotec tidak sampai 4 jam atau lebih akan menunjukkan reaksi pada rahim. Biasanya setelah 4 jam pemakaian cytotec, rasa nyeri yang sangat akan mulai terasa. Rasa nyeri ini menjadi pertanda bahwa kandungan mulai luruh. Kandungan akan gugur saat rahim menunjukkan reaksi yang semakin kuat disertai keluarnya darah pada vagina. Volume darah ini bisa lebih banyak dari menstruasi normal yang juga diikuti dengan pening, mual, muntah hingga panas dingin.

Penggunaan cytotec Untuk telat Datang bulan

Tidak hanya untuk mengatasi tukak lambung, obat cytotec juga seringkali dimanfaatkan untuk mengatasi terlambat bulan. Bagi wanita menikah, telat datang bulan bisa berarti kehamilan. Tidak sedikit yang mencoba mengatasinya dengan menggunakan cytotec. Tentunya penggunaan cytotec untuk mengatasi telat bulan ini tidak boleh dilakukan sembarangan. Penggunaannya harus berada di bawah pengawasan dokter sehingga lebih aman.

Pemakaian cytotec telat bulan ini akan menyebabkan pendarahan. Sifat pendarahan ini lebih ringan di awal konsumsi cytotec. Hal ini menandakan bahwa telah terjadi peluruhan pada rahim. Biasanya proses peluruhan ini akan tuntas setelah tiga minggu. Namun lamanya waktu peluruhan tergantung pada kondisi tubuh. Beberapa orang akan mengalami peluruhan lebih lambat sehingga waktu yang dibutuhkan untuk pulih lebih dari 3 minggu.

Biasanya dosis yang digunakan untuk menggugurkan kandungan ini sangat beragam tergantung pada usia kehamilan. Dosis ini sangat menentukan tuntas atau tidaknya pengguguran yang dilakukan dengan menggunakan cytotec. Mengingat harga cytotec yang tidak murah, dosis yang tepat juga harus ditunjang dengan cara penggunaan cytotec yang benar. Obat cytotec biasanya digunakan secara intra vagina, buccal cavity dan sublingual.

Penggunaan secara intra vagina dilakukan dengan memasukkan cytotec ke dalam vagina hingga rahim. Sementara untuk buccal cavity dilakukan dengan meletakkan cytotec di antara gusi dan pipi. Sementara penggunaan cytotec secara bilingual dilakukan dengan memasukkan cytotec di bawah lidah. Penggunaan cytotec ini akan lebih aman jika dilakukan di bawah pengawasan dokter atau sesuai dengan rekomendasi medis sehingga lebih aman.